Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Riau Selenggarakan Rapat Diseminasi Produk Hukum Bawaslu

Pekanbaru, Dalam rangka meningkatkan pencegahan dan penegakan hukum dalam mengawasi tahapan pemilu yang sudah berjalan serta peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia, maka Bawaslu Riau mengadakan Rapat Diseminasi Produk Hukum Bawaslu : Rekomendasi Kebijakan Regulasi Hukum Pemilu Terkait Kampanye Politik di Media Sosial yang bertempat di Aula Kantor Bawaslu Provinsi Riau Pekanbaru, Rabu (12/04/2023).

Hadir sebagai salah satu yang terundang dalam kegiatan ini Ketua Bawaslu Rokan Hilir Syahyuri, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Rokan Hilir Jaka Abdillah didampingi 1 orang Staf Sekretariat Bawaslu Rokan Hilir.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Riau Datuk Zulhidayat membuka acara ini secara resmi dan menyampaikan bahwa kegiatan ini akan diisi oleh 3 narasumber yang terdiri dari Tenaga Ahli Bawaslu Republik Indonesia Dr. Abdullah Iskandar, SH., MH secara daring via aplikasi zoom meeting, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Dr. Hasanuddin, M. Si serta Dosen Fakultas Hukum Universitas Riau Dr. Erdianto Efendi, SH., MH secara tatap muka.

Dr. Abdullah Iskandar, SH., MH menyampaikan materi dengan judul Tantangan Penegakan Hukum Pemilu Terkait Kampanye Politik di Media Sosial secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan disaksikan oleh seluruh peserta rapat yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab secara virtual.

"Pelaksana kampanye wajib mendaftarkan akun resmi media sosial kepada KPU, lalu KPU selanjutnya menyampaikan daftar akun resmi media sosial tersebut kepada Bawaslu dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Pasal 35 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017," sebut Abdullah Iskandar.

Sedangkan materi kedua diisi secara panel oleh Dr. Hasanuddin, M. Si dengan judul Rekomendasi Kebijakan Strategis dalam Penegakan Kampanye Politik di Media Sosial lalu kemudian dilanjutkan materi ketiga oleh Dr. Erdianto Efendi dengan judul Rekomendasi Regulasi Hukum dalam Penegakan Kampanye Politik di Media Sosial dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab oleh peserta rapat.

Penulis : Reza Is

Editor : M. Zaki

Tag
BERITA