Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Rokan Hilir Lanjutkan Kunjungan Sosialisasi Ke DPD Partai Demokrat dan DPD Partai Nasdem

Bagansiapiapi, Kordiv Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Rokan Hilir Jaka Abdillah melakukan kunjungan sosialisasi terkait proses penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Rabu 25 Oktober 2023.

Kunjungan Bawaslu Rokan Hilir bertujuan berdiskusi dalam hal memberikan sosialisasi tahapan kampanye dan persiapan pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) legislatif Pemilu tahun 2024. Dalam suasana yang penuh kerjasama, tim Bawaslu Rokan Hilir memberikan informasi penting terkait aturan dan prosedur yang harus diikuti oleh semua pihak yang terlibat dalam proses pemilu.

Dalam kesempatan ini ia menyampaikan, Sosialisasi ini merupakan upaya Bawaslu Rokan Hilir untuk memastikan bahwa semua peserta pemilu, termasuk partai politik, memahami dan mematuhi regulasi yang berlaku guna menjaga integritas dan transparansi dalam proses pemilihan. Dengan kolaborasi yang baik antara Bawaslu dan partai politik, diharapkan Pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan adil, memenuhi standar demokrasi yang tinggi.

Tahapan kampanye pemilu diatur dalam PKPU nomor 15 tahun 2023 dan akan dilaksanakan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sebelum memasuki masa kampanye, partai politik peserta pemilu dapat melakukan sosialisasi dengan cara pemasangan bendera partai politik dan nomor urutnya. Selain itu, parpol juga bisa melakukan pertemuan terbatas dengan memberitahukan secara tertulis kepada KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota sesuai tingkatannya dan Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten/Kota sesuai tingkatnya paling lambat 1 (satu) Hari sebelum kegiatan dilaksanakan, ujar jaka.

Jaka menambahkan, partai politik peserta pemilu tahun 2024 hendaknya terus melaksanakan pendidikan politik kepada kader dan simpatisan partai serta membangun kesadaran bersama terkait regulasi dalam penyelenggaraan pemilu dan demokrasi untuk mencegah pelanggaran-pelanggaran seperti politik uang, isu sara, dan hal lainnya yang dapat memecah belah disentragrasi bangsa.

Pengurus Partai Nasdem dan Partai Demokrat merespon positif kunjungan Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir, dan menyampaikan ucapan terima kasih atas informasi yang diberikan berkaitan perihal persiapan pengawasan tahapan pemilu yang akan memasuki masa kampanye, mereka juga mengharapkan agar kedepannya hubungan antara Bawaslu Rokan Hilir dan Partai Politik dapat terus ditingkatkan, bersinergi dalam berbagi pengetahuan, menegakkan peraturan-peraturan terkait proses Pemilu dan Pilkada nantinya dengan rasa adil.

Akhir dari kunjungan roadshow Bawaslu ini ditutup dengan foto bersama seluruh anggota partai yang mengikuti acara tersebut.

Penulis : Masnoer

Editor : Reza Is

Tag
BERITA