Lompat ke isi utama

Berita

Pastikan Tes Ujian CAT Berjalan Lancar di Hari Pertama, Bawaslu Rokan Hilir Lakukan Pengawasan Melekat

Pengawasan CAT PPK

Anggota Bawaslu Rokan Hilir Jaka Adillah melaksanakan pengawasan melekat tes ujian CAT seleksi calon anggota pemilihan kecamatan (PPK) 

Bagansiapiapi - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir lakukan pengawasan langsung tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) pada seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se Kabupaten Rokan Hilir yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir, Senin (06/05/2024) pagi hingga selesai.

Tes tertulis CAT ini dilaksanakan oleh KPU di SMAN 01 Bangko Bagansiapiapi, tes ini diikuti sebanyak 341 orang peserta yang dinyatakan lulus administrasi alias Memenuhi Syarat (MS). Sedangkan yang Tdak Memenuhi Syarat (TMS) yakni sebanyak 3 orang peserta.

Tes tertulis ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni hari Senin (06/05/2024) dan Selasa (07/05/2024). Tes tertulis CAT ini dengan sistem gugur dan nilai bisa langsung dilihat setelah  peserta calon PPK yang mengikuti tes tersebut. Tes tersebut dimulai pada Senin, pukul 08:30 WIB diikuti peserta dari Kecamatan Bangko, sesi 2 dimulai pukul 10.15 WIB Kecamatan Pasir Limau Kapas dengan jumlah peserta 19, Kecamatan Tanah Putih 16 orang peserta dan Tanah Putih Tanjung Melawan 10 orang peserta. pada sesi 3 yakni dimulai pukul 13:30 WIB dari Kecamatan kubu dengan jumlah peserta 25 orang dan Kecamatan Kubu Babussalam dengan jumlah peserta 24 orang.

Selanjutnya, sesi 4 dimulai pada pukul 15.30 WIB, kecamatan Rimba Melintang dengan jumlah peserta 24 orang dan Kecamatan Bangko Pusako dengan jumlah peserta 23 orang. Jadi total peserta pada hari pertama yang mengikuti ujian tes CAT calon anggota PPK Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak dari 9 Kecamatan berjumlah 177 orang.

Untuk Hari Kedua yakni Selasa (07/05/2024) sesi 1 dimulai pada pukul 08.00 WIB Kecamatan Batu Hampar dengan jumlah peserta 15 orang dan Kecamatan Pekaitan dengan jumlah peserta 17 Orang, dilanjutkan untuk sesi 2  dimulai pada pukul 10.15 WIB Kecamatan Pujud dengan jumlah peserta 17 orang dan Kecamatan Balai Jaya dengan jumlah peserta 16 orang Kecamatan Bagan Sinembah dengan jumlah peserta 19 orang.

Selanjutnya, sesi 3 dimulai pada pukul 13.30 WIB Kecamatan Bagan Sinembah Raya dengan jumlah peserta 21 orang dan Kecamatan Simpang Kanan dengan jumlah peserta 14 orang dan sesi 4 dimulai pada pukul 15.30 WIB Kecamatan Rantau Kopar  dengan jumlah peserta 10 orang, Kecamatan Tanjung Medan dengan jumlah peserta 18 Orang dan Kecamatan Sinaboi dengan jumlah peserta 18 orang.

Jumlah keseluruhan peserta pada hari kedua yang mengikuti ujian tes tertulis CAT calon anggota PPK Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yakni 10 Kecamatan dengan jumlah peserta 165 orang.

Anggota Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir yang dikonfirmasi melalui Jaka Abdillah, Senin (06/05/2024) sore, di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir, Jalan Pelabuhan Baru No.11, Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir usai pengawasan pelaksanaan ujian tes CAT mengatakan bahwa Bawaslu Rohil melakukan pengawasan melekat semua tahapan proses ujian tes CAT berlangsung.

"Alhamdulillah pengawasan ujian tes tertulis CAT calon anggota PPK Pilkada pada hari pertama berjalan dengan lancar dan tanpa kendala, " ujar Jaka Abdillah Koordinator Divisi Pengawasan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat.

Ditegaskannya, sejauh ini belum ditemukan ada yang terindikasi sebagai anggota dan pengurus partai politik, calon legislatif dan tim kampanye, beber mantan Ketua Panwas Pilkada Tahun 2015 tersebut.

Lanjutnya, Bawaslu Rohil juga akan melakukan pengawasan melekat pada hari kedua yakni selasa (07/05/2024).

Penulis dan Foto : Masnoer

Editor : K. Amri