Lompat ke isi utama

Berita

Sentra Gakkumdu Prov. Riau Supervisi dan Monitoring ke Sentra Gakkumdu Kab. Rokan Hilir

Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Provinsi Riau Supervisi dan Monitoring ke Sentra Gakkumdu Kabupaten Rokan Hilir terkait Potensi Kerawanan Dugaan Pelanggaran Tindak Pidana pada Tahapan Pemuktahiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilu Tahun 2024 di Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir Kamis, 22 Juni 2023.

Tim Sentra Gakkumdu Provinsi Riau I Wayan Sutarjana beserta Jajaran dari Unsur kejaksaan Tinggi Riau dan AKBP V.W.A Sianipar dan jajaran dari unsur Polda Riau serta Tim Sentra Gakkumdu Provinsi Riau Mustaqim dan Adit disambut oleh Ketua Bawaslu Riau Syahyuri, Komisioner Bimantara Prima Adi Cipta, Zubaidah dan jajaran staf diaula Bawaslu Rokan Hilir. Pembahasan dan arahan terkait data pemilih pada pemilu tahun 2024 menjadi fokus utama supevisi tim ini.

I Wayan pada arahannya menyampaikan bahwa kita baik Sentra Gakkumdu Provinsi Riau maupun Sentra Gakkumdu Kabupaten Rokan Hilir harus benar-benar menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab pada setiap tahapan yang dijalankan oleh KPU. beliau tegas memberi instruksi agar proses penetapan daftar pemilih harus sesuai prosedur, pastikan hak pilih masyarakat terakomodir pada DPT yang baru-baru ini di tetapkan KPU Rokan Hilir pada tanggal 21 Juni 2023.

V.W.A Sianipar senada juga menyampaikan selain fokus terkait DPT perlu dicermati dengan baik kerawanan di TPS perbatasan, karena Rokan Hilir merupakan daerah yang memiliki perbatasan antar Provinsi dan perbatasan antar Kabupaten/Kota. Saran beliau agar sinergitas sesama Sentra Gakkumdu (Kejaksaan, Kepolisian dan Bawaslu) harus tetap terjaga dengan solid. Kerja-kerja kedepan kita makin penuh tantangan dengan dinamika kerawanan Pemilu disetiap daerah.

Syahyuri pada sambutannya, bahwa Bawaslu Rokan Hilir pada prinsipnya telah menjalankan tugas dengan semestinya, ada beberapa warga masyarakat yang sebelumnya tidak masuk dalam DPT telah direkomendasikan kepada KPU Rokan Hilir agar di akomodir masuk di DPT sebelum ditetapkan kemaren, Alhamdulilah berkat kerjasama jajaran Bawaslu mulai dari Panwascam dan PKD kita dilapangan semua persoalan terkait Daftar Pemilih di Rokan Hilir maksimal diatasi.

Supervisi ini sekaligus memonitoring ruangan Rapat Sentra Gakkumdu Rokan Hilir yang baru direnovasi upaya memaksimalkan kerja-kerja Tim Gakkumdu Rokan Hilir yang dipersiapkan oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Rokan Hilir dengan baik.

Penulis : M. Zaki

Editor : Reza Is

Tag
BERITA